Selamat Datang di Website Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus

Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus

Jangan Lupa Bahagia

Fakultas Tarbiyah Laksanakan Evaluasi Akademik dan Anggaran Tahun 2022

Blog Single

KUDUS- Kamis, 8 Desember 2022 Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan evaluasi akademik dan anggaran tahun 2022 yang dilaksanakan di Gedung Fakultas Tarbiyah tepatnya di SBSN Lt.2  mulai pukul 09.30 sampai selesai.

Kegiatan evaluasi dilaksanakan pasca akreditasi unggul yang diraih oleh PRODI PGMI dan PRODI PIAUD. Rangkaian kegiatan evaluasi meliputi pembukaan, sambutan Ka.Prodi PGMI Ka. Prodi PIAUD, Wakil Dekan I, dan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus.

Retno Susilowati, M. Pd selaku Ka.Prodi PGMI IAIN Kudus menyampaikan ucapan terimakasih  kepada tim akreditasi dan dekanat yang mensupport penuh kegiatan akreditasi PGMI. “Terimakasih kepada para tim akreditasi dan semua pihak yang telah berkontribusi penuh dalam kegiatan akreditasi ini. Mengingat perjuangan  menuju akreditasi unggul yang tidak mudah karena para tim bekerja keras bahkan sampai ke luar negeri untuk melaksanakan MoU dengan sekolah di Thailand. Dan setelah akreditasi unggul ini, diharapkan Prodi PGMI dapat melaksanakan akreditasi internasional” Ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Ahmad Fatah, M. Pd. I.  selaku Ka. Prodi PIAUD kepada tim serta dekanat yang dengan penuh membantu prodi PIAUD menjadi unggul.  “Setelah mendapat predikat  unggul, Prodi PIAUD banyak menerima permohonan kerjasama untuk pendampingan terkait kurikulum yang ada pada dua lembaga yang ada di Kabupaten Kudus yaitu Pengurus Daerah Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten Kudus serta Kelompok Kerja Raudlatul Athfal (KKRA) Kabupaten Kudus”.

Drs. Ulin Nuha, M. Pd selaku Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah  menyampaikan rasa syukur atas pencapaian predikat unggul di Prodi PGMI dan PIAUD. Ini merupakan prestasi yang luar biasa karena target fakultas sebelumnya hanya predikat baik sekali.

Dr. M. Nur Ghufron, S. Ag., M. Si. mengungkapkan banyak terimakasih dan mengapresiasi kerja keras semua pihak terutamaTim Akreditasi PGMI dan PIAUD sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal yaitu peringkat unggul.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan dalam evaluasi akademik dan anggaran 2022. Tekait bidang pendidikan dan pembelajaran, monitoring awal dan pertengahan proses pembelajaran, serta validasi dan penggandaan soal masih belum berjalan maksimal. Kelengkapan RPS terintegrasi maupun                yang menggunakan referensi karya dosen juga masih terbatas. Sedangkan kurikulum MBKM belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati sehingga untuk menuju OBE masih perlu banyak pembenahan.

Dalam bidang penelitian, kesesuaian judul dan kuota sebagaimana yang sudah direncanakan fakultas sudah terpenuhi namun penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa masih terbatas. Selain itu, penelitian dosen yang dibiayai oleh pihak luar juga masih terbatas.

Untuk bidang pengabdian kepada masyarakat, kuota PKM dosen Fakultas tarbiyah Belum terpenuhi dan PKM dosen yang berkolaborasi dengan mahasiswa masih terbatas. Lebih lanjut, PKM dosen yang dibiayai oleh pihak luar masih terbatas juga.

Beberapa upaya tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut adalah memaksimalkan pelaksanaan monitoring pembelajaran di awal atau pertengahan perkuliahan, membentuk tim validasi soal sesuai dengan disiplin keilmuan, menyediakan layanan penggandaan soal dengan menambah sarpras terkait dengan penggandaan serta mengajukan penambahan anggaran untuk penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa

Share this Post: